Dokumen baru tentang Srebrenica menimbulkan banyak pertanyaan

Makam pahlawan muslim Srebrenica ©en.wikipedia. org

Makam pahlawan muslim Srebrenica
©en.wikipedia. org

Dokumen yang baru muncul tentang jatuhnya kantong muslim di Serbia, Srebrenica, pada 1995 menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai tidak ada dukungan tentara NATO dari udara. Saat jatuhnya Srebrenica delapan ribu pria muslim dibunuh milisia Serbia. Tentara Belanda yang bertugas sebagai penjaga keamanan PBB saat itu tidak bisa berbuat apa-apa.

Peristiwa ini sempat menggegerkan Belanda, sehingga kabinet di bawah pimpinan perdana menteri Wim Kok jatuh. Sehubungan dengan kejadian itu beberapa saat kemudian dibentuk komisi angket parlemen. Menanggapi munculnya dokumen baru tersebut, mantan ketua komisi tersebut, Bert Bakker, menginginkan penyelidikan.

Dokumen tersebut berisi kronologi peristiwa-peristiwa tahun 1995 itu yang juga menyebutkan bahwa tentara NATO waktu itu berjanji tidak akan melakukan serangan udara. Ini aneh, karena Belanda tidak tahu sama sekali tentang janji ini. Pemerintah Belanda justru saat itu mengandalkan dukungan NATO dari udara.

Tidak jelas dari mana asal muasal dokumen tersebut. Yang jelas dokumen itu dikirim dari Italia, tempat F-16 Belanda disiapsiagakan kala itu. Pertanyaan juga muncul apakah milisia Serbia tahu bahwa NATO tidak akan mendukung dari udara, sebelum mereka menaklukkan Srebrenica dan membunuh ribuan pria muslim.

Menurut mantan ketua komisi angket parlemen Bert Bakker, dokumen ini semesinya ada di tangan komisi yang dipimpinnya. Menteri pertahanan Belanda saat itu, Joris Voorhoeve, juga ingin agar ini diselidiki tuntas. Ia merasa sangat aneh kenapa janji NATO itu tidak pernah dilaporkan kepada pemerintah Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s