Pria Belanda divonis karena menghina Raja di Facebook

Raja Willem-Alexander ©en.wikipedia.org

Raja Willem-Alexander
©en.wikipedia.org

Pengadilan di kota Zwolle, Belanda Timur Laut, memvonis seorang pria berusia 44 tahun hukuman perjara tiga puluh hari. Dia dinyatakan bersalah menghina Raja. Pria yang tinggal di Kampen, kota yang teletak tidak jauh dari Zwolle, menduga perbuatannya menuduh Raja Willem-Alexander sebagai pembunuh, pemerkosa dan pencuri di Facebook tidak melanggar hukum.

Pengadilan menilai pria ini merusak harga diri Raja. “Prilaku ini tidak bisa diterima di masyarakat kita dan si tersangka patut divonis.” Demikian terbaca di vonis hakim.

Selain mencaci maki di Facebook di awal tahun ini, pria ini juga memasang foto-foto editan di mana kepala dari salah satu korban diganti dengan kepala Raja.
Pasal 111 mengenai penghinaan raja/ratu di KUHP Belanda berbunyi: “Orang yang sengaja menghina dikenai hukuman penjara maksimal lima tahun atau didenda dalam kategori keempat.”

Ini bukan kali pertama seorang warga Belanda divonis hukuman penjara karena menghina raja/ratu. Pada 2013 Pengadilan Tinggi Den Haag memvonis seorang “pelempar gagang lilin lima bulan penjara. Antara tahun tahun 2000 dan 2012 delapan kasus yang dianggap sebagai penghinaan raja/ratu diajukan Kejaksaan, yang separohnya berunjung pada vonis.

Warga Kampen di atas tidak perlu masuk penjara, karena ia sempat empat belas hari ditahan. Namun pria ini diberi dua tahun masa percobaan, karena hakim menduga ia mungkin akan mengulang perbuatannya. Sampai sekarang pria ini masih yakin bahwa menghina raja/ratu tidak melanggar hukum.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s