Kelompok salafisme tidak identik dengan ISIS

Bekas gedung Sekolah Kejuruan ROC Rotterdam ©nos

Bekas gedung Sekolah Kejuruan ROC Rotterdam
©nos

Muslim dari golongan salafisme akan membangun lembaga studi di bekas gedung sekolah kejuruan ROC di Rotterdam. Reaksipun bermunculan juga rasa prihatin dari politisi di pusat pemerintahan di Den Haag. Di Rotterdam sendiri muncul protes dari partai lokal Leefbaar Rotterdam.

“Mari kita berjuang menghadapi radikalisasi di kota kita,” kata Tanya Hoogwerff anggota Dewan Kotapraja Rotterdam. Menurut Hoogwerff pusat studi tersebut akan menjadi tempat pembuatan bibi jihadis. Pendapatnya ini didasarkan atas pandangan badan intelijen Belanda AIVD.

Namun menurut pakar salafisme, Martijn de Koning, kelompok salafiyah tidak radikal dan ekstrem, tapi konservatif dan ortodoks. Kelompok salafiyah adalah orang-orang yang mau kembali ke ajaran Islam murni dari zaman awal Islam. Kelompok salafiyah adalah kelompok yang menjalankan ajaran Al Quran dan Sunnah dengan ketat. Memang perpisahan antara laki-kali dan perempuan, busana muslim, aturan makanan, ajaran ibadah dan ekonomi dilaksanakan dengan sempurna. Ajaran liberal ditolak mentah-mentah.

“Tapi tidak benar kalau ajaran ini dipandang sebagai batu loncatan ke ISIS,” kata atroplog de Koning. “Kelompok salafis jutru menentang keberangkatan jihadis ke Suriah dan berlawanan dengan ISIS. Dari awal mereka mengimbau untuk tidak ke Suriah.” Memang ada bebarapa jihadis yang berasal dari kelompok salafiyah, tapi mereka sudah keluar atau dikucilkan dari kelompok salafiyah.

Yang jelas, menurut De Koning, seorang salafis tidak otomatis menjadi jihadis, teroris, pengikut ISIS atau apa pun. “Memang pengikut alirah salafiyah itu konservatif, yang boleh saja dikritik. Tapi kita jangan langsung panik dan mengira keamanan kita terancam. Tidak begitu,” pukas de Koning.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s