Debat tentang Idulfitri antara anggota parlemen muslim

Dua anggota parlemen dari partai Denk ©www.flickr.com/ Tjebbe van Tijen

Dua anggota parlemen dari partai Denk
©www.flickr.com/ Tjebbe van Tijen

Ketua Parlemen Belanda, Khadija Arib, mengritik dua anggota parlemen dari partai Denk, Selçuk Öztürk en Tunahan Kuzu. Kedua anggota parlemen ini suka memasang potongan-potongan film persidangan di parlemen di youtube dan facebook.

Belakangan terlihat di pagina facebook partai ini, debat antara Selçuk Öztürk dengan Khadija Arib tentang hari raya Idulfitri. Arib menolak usul Selçuk Öztürk untuk menunda pemungutan suara hari Selasa mendatang karena bertepatan dengan Idulfitri.

Khadija Arib menolak, karena menurut dia Idulfitri belum tentu jatuh hari Selasa dan sering jatuh pada hari berbeda-beda. Sikap ini dinilai Selçuk Öztürk sebagai diskriminasi.

Karena perbuatan memasang fragmen sidang parlemen di facebook sudah berkali-kali akhirnya Khadija Arib berkomentar.  “Ini bukan pertama kali Anda lakukan, dan Anda juga lakukan terhadap sejawat-sejawat lain. Ini harus Anda hentikan,” kata ketua parleman  yang juga muslim ini Selasa.

Menanggapi tuduhan diskriminasi, anggota parlemen dari partai Kristen Demokrat CDA, Mona Keijzer, ikut berbicara. “Memang terjadi diskriminasi di Belanda. Ini harus kita bicarakan bersama, tapi tidak seperti yang dilakukan dua anggota parlemen dari Denk.”

Partai Denk sering mengupload fragmen rapat parlemen di youtube dan facebook, menurut mereka, untuk “membuka kedok” politisi. Namun para anggota parlemen yang gambarnya ditaruh di sosmed merasa tidak nyaman.

Makanya ketua parlemen atau de Tweede Kamer, Khadijah Arib, akhirnya menegur mereka.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s