Parlemen Belanda: jalankan proses Brexit dengan hati-hati

Suasana ruang sidang parlemen Belanda ©commons.wikimedia.org

Suasana ruang sidang parlemen Belanda
©commons.wikimedia.org

Parlemen Belanda menginginkan agar proses keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa (UE) berjalan lancar tanpa dendam atau semacam ekspedisi hukuman.
Pemimpin fraksi partai liberal konservatif VVD, Halbe Zijsltra, dan pemimpin fraksi partai buruh PvdA, Diederik Samsom, berpendapat proses tersebut harus dilakukan dengan cepat, tapi hati-hati.

Kedua partai koalisi ini sama-sama menilai, Brexit merupakan peringatan atau “wake up call” buat Uni Eropa. Menurut Zijlstra, Eropa harus belajar dari kejadian ini dan harus menjelaskan kepada masyarakat bahwa UE bukan hanya mementingkan pasar bersama dan pertumbuhan ekonomi saja. Ia berpendapat pula bahwa tugas politisi adalah untuk menjelaskan apa manfaatnya menjadi anggota UE. Samsom berpendapat, UE harus memperlihatkan bahwa UE adalah untuk semua orang.

Pemimpin fraksi Partai Sosialis, Emiel Roemer, menilai keluarnya Britania Raya dari UE sebagai pertanda bahwa Eropa harus melakukan reformasi. Ia mengimbau agar UE melakukan reformasi melalui referendum. Tapi Roemer tidak sependapat dengan usulan pemimpin fraksi PVV, Geert Wilders, agar Belanda juga menyelenggarakan referendum untuk Nexit, Nederland exit, atau keluarnya Belanda dari UE.

PVV satu-satunya partai di Parlemen yang menginginkan referendum seperti di Inggris tersebut. Namun demikian pemimin PVV, Geert Wilders, menilai warga Britania Raya mau keluar dari UE, karena mereka mau merebut kembali kedaulatan mereka. Sikap ini membuat fraksi-fraksi CDA, D66 dan GroenLinks heran.

Gara-gara Brexit nilai bursa anjlok. Pemimpin fraksi CDA, Sybrand Buma, khawatir ini akan berdampak bagi dana pensiun Belanda dan para lansia Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s