Tanggapan pemerintah Belanda terhadap Brexit

©flickr.com/Jeff Djevdet

©flickr.com/Jeff Djevdet

Perdana menteri Belanda, Mark Rutte, menyebut hasil referendum Inggris “mengecewakan”. “Britania Raya adalah mitra kita,” kata Rutte kepada media elektronik nasional Belanda NOS. Referendum yang digelar di Britania Raya kemarin dimenangi oleh kelompok yang menginginkan agar mereka keluar dari Uni Eropa (UE).

Menurut perdana menteri sulit untuk menaksir dampak Brexit bagi Belanda.”Kita harus berusaha agar ekonomi kita stabil.” Selanjutnya Rutte mengatakan, hasil referendum ini bisa dijadikan dorongan untuk menanggapi rasa tidak puas di negara-negara Eropa tentang UE. Ia melihat bahwa di Belanda tidak ada yang ingin menggelar referendum mengenai keluar dari UE.

Menteri Keuangan Jeroen Dijsselbloem, menyebut hasil referendum ini sebagai “kenyataan baru”. “Ini harus kita terima. Bagi saya yang terpenting menjaga stabilitas ekonomi dan politik di Eropa.”

Wakil perdana menteri Lodewijk Asscher, menyebut hasil referendum Inggris itu merupakan “risiko” bagi anggaran tahun depan. “Brexit berdampak negatif bagi ekonomi Belanda,“ katanya seusai sidang pleno kabinet Jumat.

Kabinet Belanda akan mempersembahkan anggaran untuk tahun depan bulan September mendatang. Saat itu baru jelas apakah Brexit mempunyai dampak finansial atau tidak. Menurut Asscher yang penting hubungan dagang dengan Britania Raya sebanyak mungkin harus dipertahankan.

Menuru Menlu Bert Koenders, Brexit membuka “halama baru”. “Kita harus mulai menangani keprihatinan yang terjadi di dan tentang Eropa,” katanya.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s