PvdA ingin mempermudah izin tinggal bagi anak-anak

Pemimpin fraksi PvdA ©en.wikipedia.org

Pemimpin fraksi PvdA
©en.wikipedia.org

Partai buruh PvdA mendesak agar aturan pemberian izin tinggal kepada anak-anak migran dilaksanakan lebih adil. Menurut PvdA kriterianya selama ini terlalu ketat dimplikasikan. Salah satu kriterianya adalah anak-anak atau orang tua mereka harus partisipatif. Selasa PvdA mengusulkan agar parlemen mengontrol dengan ketat pelaksanaan amnesty anak-anak atau kinderpardon itu.

Menurut ketua fraksi PvdA, Diederik Samsom, kriteria partisipasi bisa berujung pada ketidakadilan. Karena, lanjutnya, kalau mereka sekali saja tidak datang dipanggil, bisa langsung disimpulkan bahwa yang terkait tidak partisipatif.

Belum lama berselang mayoritas anggota PvdA mengimbau fraksi partainya di parlemen agar mengambil langkah-langkah konkret untuk memperlunak aturan kinderpardon.

Dalam perjanjian koalisi antara Partai liberal konservatif VVD dan PvdA disebutkan bahwa pencari suaka di bawah umur yang sudah lebih dari lima tahun tinggal di Belanda akan diberi izin tinggal. Namun sampai sekarang dari 1300 permohonan baru 100 yang disetujui. Menurut anggota PvdA jumlah itu terlalu sedikit. Makanya mereka meminta agar anggota parlemen dari partai mereka mendesak menteri muda urusan suaka, Klaas Dijkhoff, agar bersikap luwes dalam melaksanakan kinderpardon.

Tapi partai liberal VVD tidak sependapat, karena menurut mereka harus ada batasnya. Menurut VVD memperlunak kinderpardon bisa menggalakkan orang tua mereka untuk tetap naik banding supaya akhirnya memperoleh izin tinggal. Lagi pula ini tidak adil bagi mereka yang sudah meninggalkan Belanda karena permohonan mereka ditolak.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s