“Saya seperti Anda”, tema peringatan Hari Pengungsi Sedunia

Pakhuis De Zwijger ©commons.wikimedia.org/jorinde

Pakhuis De Zwijger
©commons.wikimedia.org/jorinde

Dalam rangka menyambut Hari Pengungsi Sedunia atau World Refugee Day tanggal 20 Juni, Pakhuis De Zwijger (PDZ) Amsterdam menyelenggarakan “visual storytelling”. Acaranya antara lain membuat foto orang dari berbagai gaya hidup seraya menanyakan riwayat hidupnya.

Acara yang bersemboyan: “Saya persis seperti Anda” ini bertujuan untuk membantah anggapan yang salah tentang pengungsi. Pasalnya banyak orang mengasosiasikan para pengungsi dengan “orang miskin atau illegal yang berusaha mengadu nasib di negara makmur seperti negara kita”. Demikian di website de zwijger.nl.

“Para pengungsi dianggap sebagai orang yang hanya datang ke negeri kita hanya untuk ikut menikmati kemakmuran kita, bukan untuk berkontribusi untuk masyarakat kita.”

Slogan: “Saya persis seperti Anda” itu menantang orang untuk menjadi ingin tahu dan tertarik dengan orang lain alih-alih berpraduga secara membuta.
“Hanya dengan rasa ingin tahu, kita bisa melihat sesuatu dari perspektif lain dan mulai mengalami rasa kemanusiaan mereka.”
Namun “Saya persis seperti Anda” tidak berarti keseragaman, asimilasi atau penyesuaian. Malah mendorong diversitas dalam segala bentuknya. Terbuka untuk kesamaan, tidak hanya melihat perbedaan. Ini berkaitan dengan kenyataan bahwa kita semua manusia, Anda dan saya. Kalau kita sudah bermental seperti ini, maka semua orang mempunyai hak yang sama dan semuanya “welcome”. Demikian tertulis di dezwijger.nl.

Dezwijger.nl adalah webstie Pakhuis De Zwijger (PDZ), sebuah platform dari dan untuk kota Amsterdam dan penduduknya. PDZ belakangan banyak menyelenggarakan kegiatan terkait pengungsi.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s