Belanda mengincar kursi di Dewan Keamanan PBB

Menlu Belanda, Bert Koenders ©NOS

Menlu Belanda, Bert Koenders
©NOS

Pemerintah Belanda sudah berbulan-bulan melakukan lobi untuk meraih kursi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Semua menteri yang berkunjung ke luar negeri, kalau sempat, akan berusaha membicarakan ambisi Belanda ini. Menurut menlu Bert Koenders, banyak negara menilai Belanda bersikap sangat pragmatis, pintar berunding dan aktif dalam misi perdamaian dan kerjasama pembangunan.

Terakhir Belanda duduk DK PBB pada 1999. Menurut menlu Belanda saat itu, Jozias van Aartsen, peranan Belanda tidak kecil.

Koenders dan Van Aartsen menekankan, kursi di DK PBB terutama penting karena dengan demikian Belanda bisa langsung ikut berbicara dan memutuskan tentang penanganan krisis-krisis besar di dunia. Menlu Koenders: “Jurstu kita juga berhadapan dengan berbagai dampak seperti Rusia dan MH17, Suriah dan arus pengungsi.”

Karena memiliki hak veto maka Rusia tahun lalu berhasil memblokir Tribunal PBB yang semestinya bisa mengadili pelaku penembakan pesawat MH17. Andaikan Belanda waktu itu mempunyai kursi di DK PBB, menurut menlu, mungkin keinginan Belanda itu bisa terwujud.

Van Aartsen yang kini menjadi walikota Den Haag juga ikut melobi. “Den Haag adalah kota PBB, tempat domisili badan pengadilan tertinggi PBB: Mahkamah Internasional.”

Kontributor NOS, Ron Fresen optimis Belanda akan berhasil. “Berkat reputasintya di dunia internasional Belanda mempunyai kans besar. Karena Belanda memang calon yang cocok.”

Selain Belanda, Swedia juga menalonkan diri untuk menjadi anggota DK PBB. Tanggal 28 Juni nanti akan dilakukan pemungutan suara secara anonim.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s