Asscher: KLM tidak bisa tanpa Air France

Lodewijk Asscher ©Katarzyna Czerwińska

Lodewijk Asscher
©Katarzyna Czerwińska

Wakil perdana menteri Belanda, Lodewijk Asscher menyatakan bahwa suatu gagasan yang buruk kalau fusi antara maskapai penerbangan Belanda KLM dan penerbangan Prancis Air France dibatalkan. Menurut menteri sosial ini, merger yang terjadi antara kedua penerbangan pada 2003 sangat perlu. “KLM tidak bakal bertahan sendirian, dan Air France juga demikian.”

Hal tersebut dinyatakan Asscher dalam temu media mingguan sebagai tanggapan terhadap keresahan yang muncul di seputar Air France-KLM. Akhir pekan ini seperempat pilot Prancis akan melakukan pemogokan. KLM khawatir, kerugian finansial yang muncul akibat pemogokan akan berdampak terhadap KLM. Selain itu ada juga kekhawatiran penerbangan yang dilakukan di Belanda bakal hilang.

Perdana menteri Belanda mengatakan, pemerintah tidak banyak bisa mempengaruhi, tapi ia menyatakan lagi bahwa pemerintah Belanda akan memaksimalkan tekanan politik terhadap Prancis agar penerbangan di Belanda tetap dipertahankan.

Asscher berpendapat bahwa bekerjasama adalah satu-satunya cara untuk bertahan di duni penerbangan dewasa ini. Karena jumlah maskapai pernerbangan murah makin banyak. Apalagi kalau mau menawarkan jaringan interkontinental. “Ini tidak bisa kita lakukan sendirian.”

Namun ia menambahkan, perusahaanlah yang bertanggung jawab untuk membuat kerjasama ini berhasil. “Dan kemungkinannya besar.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s