Dampak pemogokan pilot Air France bagi KLM

©de.wikipedia.org

©de.wikipedia.org

Ancaman pemogokan pilot maskapai penerbangan Prancis Air France juga akan menganggu maskapai penerbangan Belanda KLM. Reputasi grup penerbangan ini secara keseluruhan terancam. Demikian tulis CEO Pieters Elbergs di surat edarannya kepada karyawan.

Elbers menekankan, bahwa dua perusahaan bersaudara ini masing-masing memiliki neraca laba rugi. KLM tidak akan memikul beban kerugian finasial yang kemungkinan disebabkan oleh pemogokan di Prancis.

“KLM memang bagian dari grup Air France-KLM dan dampak negatif akibat pemogokan yang direncanakan juga akan berdampak bagi KLM,” tandas CEO Elbers. Menurut Elbers, pihak direksi Air France dan serikat buruh pilot sedang berunding. Ia berharap akan ada jalan keluar.

Serikat pekerja pilot di Air France mengimbau pemogokan pada 11 sampai dengan 14 Juni mendatang, persis pada saat Kejuaraan Sepakbola Eropa mulai. Pilot memprotes penghematan baru yang mau dilancarkan perusahaan dan pengurangan tawaran penerbangan.

CEO grup Air France-KLM, Alexandre de Juniac, yang akan lengser, mengatakan, pemogokan ini bakal menelan beaya jutaan euro. Ia menyebut ancaman pemogokan itu sebagai “sabotase” para pilot, yang menurut dia tidak jelas niat mereka yang sebenarnya apa.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s