Pengikut presiden Turki Erdogan dilarang masuk partai buruh Belanda

Ketua partai buruh PvdA, Spekman ©flickr.com/Lex Draijer.

Ketua partai buruh PvdA, Spekman
©flickr.com/Lex Draijer.

Ketua partai buruh PvdA, Spekman, menyatakan tidak mengizinkan para pengikut partai AK, partainya presiden Turki Erdogan, untuk menjadi anggota partai PvdA. “Kami bukan partai politik yang membela kepentnigan presiden Erdogan di Belanda. Pandangan politiknya berbeda,” kata Spekman di acara radio Nieuws en Co.

Rabu pagi waktu Belanda diumumkan bahwa ada anggota gerakan pemuda partai AK yang sempat mencalonkan diri untuk menjadi anggota Dewan Kotapraja pada pemilihan daerah di Belanda pada 2014. Tapi Spekman langsung mencoret nama mereka. “Kalau ada orang yang mau bergabung dengan kami untuk melakukan infiltrasi sehingga bisa membentuk basis kekuasaan di dunia politik Belanda, menurut saya ini salah dan memperihatinkan. Dan saya akan bertindak,” katanya.

Partai buruh PvdA tampaknya memang banyak kebobolan. Sementara di partai-partai lain hal serupa tidak gampang terjadi. Van Heijningen, sekretaris partai sosialis SP, mengatakan, di partainya orang baru tidak bisa langsung dijadikan calon anggota Dewan Kotapraja atau anggota parlemen. SP mengaku pernah ada anggota yang berjanji akan membawa banyak elektorat yang banyak. “Orang seperti ini langsung dicurigai,” katanya.

Partai-partai lain juga memiliki kriteria yang ketat bagi para calon anggota.

Ketua partai buruh PvdA, Spekman juga menegaskan, semua orang boleh menjadi anggota partainya tapi harus mendukung ideologi sosial demokrat. Ia menambahkan anggota partai AK tidak bisa menjadi anggota PvdA yang menghargai hak orang gay dan berpandangan bahwa perempuan mempunyai hak yang sama dengan lelaki.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s