Dana untuk mencegah ketidaksetaraan kesempatan pendidikan Belanda

Menteri pendidikan Jet Bussemaker ©rijksoverheid

Menteri pendidikan Jet Bussemaker
©rijksoverheid

Menteri pendidikan Belanda Jet Bussemaker menyatakan, jika perlu akan menambah dana untuk memberantas ketidaksetaraan kesempatan di pendidikan Belanda. Demikian dikatakannya Ahad di acara televisi Buitenhof.

Menteri dari partai buruh PvdA ini menilai gejala makin tidak setaranya kesempatan pendidikan sebagai hal yang sangat serius yang perlu diatasi. Anak-anak dari orang tua yang berpendidikan tinggi tampaknya memiliki kesempatan lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak dari orang tua yang berpendidikan rendah.

“Kita harus melihat apa yang diperlukan. Kadang-kadang masalahnya masalah dana,” kata menteri Bussemaker di acara televisi tersebut. Saat ini orang tua yang berpendidikan tinggi misalnya mampu memberikan sendiri bimbingan pekerjaan rumah (PR) buat anak-anak mereka. Sebagian bimbingan PR ini bisa diurus oleh sekolah sendiri, sehingga les tambahan bisa diakses oleh anak-anak dari orang tua yang kurang mampu.

Namun Bussemaker menekankan, bahwa ini bukan masalah keuangan saja. Menurut dia, orang tua, sekolah dan seluruh masyarakat Belanda bertanggung jawab untuk mengusahakan kesetaraan kesempatan di dunia pendidikan Belanda.

Pada prinsipnya pendidikan di Belanda cuma-cuma, tapi banyak kegiatan di luar rutin kegiatan sekolah yang perlu biaya tambahan. Bagi orang tua murid yang kurang mampu ini adalah beban yang cukup berat juga.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s