Usul untuk eutanasia menggunakan “pil maut”

Acara televisi Nieuwsuur ©Nieuwsuur

Acara televisi Nieuwsuur
©Nieuwsuur

Eutanasia atau mengakhiri hayat sendiri di Belanda makin lama makin gampang. Setidaknya itulah yang dikehendaki dua organisasi ini. De Coöperatie Laatste Wil (Koperasi Keinginan Terakhir) dan Perkumpulan Pengakhiran Hayat Sukarela Belanda atau de Nederlandse Vereniging voor een Vrijwillig Levenseinde (NVVE) dalam waktu singkat akan mengusulkan untuk melakukan ujicoba dengan pil mematikan atau “pil maut”.

Di acara televisi Belanda Nieuwsuur kemarin malam dua organisasi ini menyatakan bahwa orang-orang yang tidak mau hidup lagi, tapi tidak bisa menggunakan UU Eutanasia, berhak menggunakan pil untuk mengakhiri hidup sendiri.

Anggota parlemen dari partai Demokrat 66, Pia Dijkstra, mengatakan dalam acara televisi tersebut, partainya juga akan mengajukan usul serupa. Partai pemerintah liberal konservatif VVD mungkin akan mendukung gagasan ini.

Setelah puluhan tahun berbagai usul ditolak, antara lain apa yang disebut pil Drion, dua organisasi ini mengimbau agar diberikan “otonomi sepenuhnya untuk mengakhiri hidup”.

Tahun depan NVVE sudah mau melakukan ujicoba dengan pil maut bagi lansia dari usia 75 tahun ke atas. Organisasi yang satunya, De Coöperatie Laatste Wil, malah mau melakukan ujicoba dengan orang yang berusia 18 tahun ke atas.

Namun demikian pelaksanaanya tidak gampang. “Harus diperiksa dulu oleh seorang dokter apakah pil itu boleh diberikan atau tidak.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s