Pendaki gunung Belanda meninggal di puncak Everest

Eric Arnold ©ericarnold.nl

Eric Arnold
©ericarnold.nl

Pendaki gunung Belanda, Eric Arnold, meninggal dunia di panggung gunung Everest di Nepal. Ia meninggal karena kekurangan oksigen gejala yang disebut Acute Mountain Sickness (AMS). Arnold berhasil mencapai puncak gunung, tapi kekurangan oksigen yang akut merenggut nyawanya.

Ini adalah upayanya kali kelima untuk menaklukkan gunung tertinggi di dunia itu. Ia meninggal ketika turun pada ketinggian 8300 meter.
Tahun lalu warga Belanda ini nyaris meninggal ketika ia diserbu longsor salju menyusul gempa besar di Nepal. Di weblog ia menulis tentang hal ini. “Saya sadar: gempa!!!(…) Ketika saya buka tenda saya, tampak salju longsor besar menyerang dari tiga penjuru.” Namun saat itu Arnold bisa menyelamatkan diri.

Kemenlu Belanda di Den Haag diberitahu tentang berita ini Sabtu pagi, tapi belum bisa memberikan konfirmasi.

Niels van Buren, warga Belanda juga yang ikut ekspedisi ini aman-aman saja. Menurut jubir Pressure Amsterdam, Anouk Schepers, Niels van Buren diharapkan akan kembali ke Belanda Ahad. Schepen juga menambahkan, bahwa Niels van Buren adalah pria pertama pengidap multiple sclerose (MS) yang berhasil mencapai puncak Everest.

Persatuan Olahraga Pendaki Gunung Belanda NKBV sangat terkejut atas meningalnya Eric Arnold. “Kemarin kami sangat gembira ketika Eric berhasil mencapai puncak gunung. Tapi pagi tadi kami sangat sedih.” kata”Robin Baks dari NKBV.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s