Petisi Greenpeace menentang bahan kimia glifosat

©ZapLog.nl

©ZapLog.nl

Selasa Parlemen Belanda akan disuguhi petisi yang mengimbau agar Belanda menentang bahan kimia glifosat yang ada di dalam herbisida atau obat pemusnah rumput liar.

Menurut Greenpeace (salah satu penyelenggara), petisi ditandangani oleh sekitar 161000 orang dari Belanda dari negara-negara Eropa lain. Menurut organisasi lingkungan ini, glifosat bisa menyebabkan kanker.

Glifosat antara lain ada di obat pemusnah rumput liar Roundup bikinan pabrik Monsanto dari Amerika. Beberapa toko yang menjual bahan dan peralatan kebun sudah menghentikan kegiatan penjualan glifosat.

Selasa Parlemen Belanda akan membicarakan masalah bahan kimia ini. Beberapa saat silam Parlemen Belanda sudah mengimbau Menteri Muda Pertanian, Martijn van Dam, agar tidak mengizinkan lagi penggunaan glifosat.

Greenpeace mengatakan, penolakan Belanda bisa menentukan kebijakan anggota-anggota Uni Eropa lainnya. Sebelumnya Uni Eropa telah menunda pengambilan keputusan tentang hal ini.

Masih banyak lagi organisasi lingkungan hidup dan organisasi konsumen yang menentang pengunaan bahan kimia tersebut. Sekitar 135000 reaksi berdatangan menanggapi aksi surel foodwatch ini.

Namun menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, glifosat tidak akan menyebabkan kanker bagi manusia. Demikian ditetapkan WHO dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Menurut pakar, petisida juga tidak berbahaya bagi DNA di sel manusia. Menurut pakar juga, insektisida diazon dan malathon juga tidak menyebabkan kanker.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s