Kolomnis Belanda-Turki tidak mau lagi ke negara asalnya

Ebru Umar ©en.wikipedia.org

Ebru Umar
©en.wikipedia.org

Setelah kembali dari Turki kolomnis Belanda asal Turki, Ebru Umar, tidak mau lagi mengunjungi negeri asalnya. Demikian dikatakannya kepada Metro, koran tempat ia bekerja sebagai kolomnis. Sebagai alasan ia menyebut keamanan. Padahal ia di Turki memiliki rumah. “Saya kira semua orang di Turki tidak suka sama saya,“ katanya.

Selanjutnya ia menceritakan tentang pembebasannya dari larangan meninggalkan Turki. “Jam enam sore saya ditelpon oleh Dubes (Belanda,red). Dengar baik-baik, Ebru,” katanya. “Kamu nanti naik pesawat Transavia dan pulang ke Belanda.”

Ebru sempat dua minggu dilarang keluar Turki setelah ia ditangkap di tempat liburannya di Kusadasi gara-gara tweet mengeritik presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Akhirnya ia diperbolehkan meninggalkan Turki, tapi proses peradilannya masih tetap berjalan. Kondisinya baik-baik saja. “Saya mau mengucapkan terima kasih banyak kepada semua orang atas segala dukungan. Saya sangat terharu.”

Ebru akan berusaha melepaskan kewarganegaraan Turkinya. Sebenarnya ia sudah lama mau melakukan hal itu, tapi orang tuanya melarang. “Tapi sekarang mereka sangat sependapat dengan pilihan saya.” Namun Ebru belum tahu bagaimana caranya. Kepada koran Metro penulis kolom ini mengatakan “urusannya ribet”. Tidak ada yang bisa persis menjelaskan bagaimana caranya dan apa dampaknya.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s