Guru Besar Bahasa Turki di Leiden Kembalikan Penghargaan

Prof. Erik Jan Zucher ©leidenuniv.academia.edu

Prof. Erik Jan Zucher
©leidenuniv.academia.edu

Erik-Jan Zürcher, guru besar bahasa dan budaya Turki di Universitas Leiden akan mengembalikan penghargaan yang diterimanya dari menteri luar negeri Turki pada 2005. Ini dilakukannya sebagai protes terhadap prilaku diktator presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Negara di mana politik, kekuasaan yudikatif, media, universitas-universitas en warga secara individu – meskipun negara itu ada di Eropa – menjadi bola permainan dari seorang diktator dan orang-orang di sekitarnya; di mana kebebasan fundamental dan tertib hukum sebenarnya sudah tidak ada lagi, negara seperti itu bukan negara Eropa.” Demikian tulis Zürcher di koran online NRC.

Menurut Zürcher Erdogan memanfaatkan “monopoli kekuasaannya untuk semakin mengutamakan nilai-nilai dan norma-norma Islam di masyarakat. Karena di sebagian kota sudah lebih gampang menemukan rumah ibadah ketimbang tempat membeli alkohol.”

Pada 2005 Zürcher dianugerahi Medal of High Distinction sebagai ungkapan terima kasih atas kegiatannya memberi penjelasan kepada pemerintah Belanda tentang Turki pada saat berlangsunya perundingan tentang keanggotan Turki di Uni Eropa.

Zürcher juga menyatakan dirinya sempat ragu sebelum mengambil keputusan untuk mengembalikan hadiah ini, karena tindakan ini bisa berdampak terhadap puluhan mahasiswa dan calon peraih gelar doktor yang sudah dibimbingnya bertahun-tahun dan yang sudah kembali ke Turki. „Tanda tangan saya tertera di ijazah mereka. Tapi saya tidak punya pilihan dan harus melakukan ini sekarang, justru karena saya disebut “Pakar Turki”. Makanya penghargaan itu “akan dikembalikan ke Turki dan bungkusan yang rapi.” Demikian tulisnya di rubrik kolom di koran Online NRC, seperti diberitakan koran online Belanda lainnya De Telegraaf.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s