Tunjangan buat migran yang pulang ke negara asal

Kantor SVB Leiden ©©Ninostar

Kantor SVB Leiden
©©Ninostar

Tahun lalu jumlah migran yang menerima tunjangan dari Belanda setelah pulang ke negara asalnya sekitar 7300 orang. Jumlah total tunjangan yang diberikan kepada orang-orang yang disebut remigran ini tahun lalu 33,9 juta euro. Pada tahun 2010 jumlahnya 22,2 juta euro. Demikian laporan yang diterima koran online Belanda NU.nl dari Sociale Verzekeringsbank (SVB), lembaga yang membayar tunjangan dan pensiun.

Tiap bulan SVB memberi tunjangan kepada migran yang pulang habis ke negara asalnya. Tunjangan ini tujuanannya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan hanya dibayar kalau penghasilan si remigran terancam turun di bawah garis kemiskinan.

Orang-orang yang berhak mendapat tunjangan ini adalah migran yang berasal dari negara-negara tertentu dan mau kembali ke negara asalnya. Syaratnya mereka lahir di negara asal dan memiliki kewarganegaraan negara tersebut dan berusia delapan belas tahun ke atas ketika tiba di Belanda.
Usia remigran minimal 55 tahun, setidaknya delapan tahun pernah tinggal legal di Belanda, dan minimal dua belas bulan menerima tunjangan di Belanda serta melepaskan kewarganegaraan Belandanya.

Selain itu ada dua kategori kelompok yang bisa memohon tunjangan remigran. Pertama para pengungsi dan orang-orang berhak mendapat suaka yang memiliki izin tinggal di Belanda sebelum tanggal 1 Juli 2014. Selain itu warga Maluku yang tiba dalam rombongan di Belanda pada tahun 1951 dan 1952.
Mayoritas remigran adalah orang Turki, disusul oleh warga Maroko. Kemudian orang Suriname, Bosnia dan disusul oleh sejumlah negara lain.

Tahun lalu SVB membayar tunjangan remigran dari 79 negara. Bagi orang yang mau memohon tunjangan remigran, masih mempunya kesempatan sampai tahun 2015.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s