Rutte: “Komunis berperan penting melawan Nazi Jerman.”

Suasana  festival hari pembebasan ©nos.nl

Suasana festival hari pembebasan
©nos.nl

Dengan tema “Geef vrijheid door” atau terjemahan bebasnya; “Teruskan estafet kebebasan”, Belanda secara masal merayakan hari pembebasan. Jubir Komite Nasional Peringatan 4 dan 5 Mei mengatakan, semua festival penuh pengunjung berkat udara cerah. “Kalau terus begini, jumlah pengunjung akan melebihi angka rata-rata 950.000 orang.”

Tanggal 4 Mei merupakan hari pahlawan dan tanggal 5 Mei adalah hari pembebasan bagi Belanda.

Selain itu festival hari kemerdekaan ini bisa merupakan hari paling cerah yang penuh sinar matahari. Festival pembebasan digelar di empat belas kota. Sekitar jam 13:00 (waktu setempat) Kamis, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menyalakan api kebebasan di taman Stadsprak, Groningen, Belanda Utara. Dalam sambutannya, Perdana Menteri menyinggung peranan kelompok komunis di Pekela, sebuah desa dekat Groningen. “Setelah pemogokan Februari di Amsterdam, kelompok komunis di Pekela pun bangkit. Sejak itu mereka memegang peranan penting dalam perlawanan. Mereka disiksa secara luas biasa oleh Jerman.”

Tiap tahun ada orang yang diangkat menjadi Duta Kebebasan. Untuk tahun ini adalah penyanyi Kovacs, Nielson dan pasangan DJ Sunnery James & Ryan Marciano. Mereka antara lain mentas di Wageningen, Vlissingen (Belanda Selatan) dan Zwolle.

Festival ini ditutup dengan konser 5 Mei di Amstel di Amsterdam. Di sana akan tampil Radio Filharmonisch Orkest dan rapper asal Maroko Ali B, penyanyi Paul de Munnik, Hadewych Minis dan musical De Tweeling (Si Kembar).

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s