Belanda memperingati korban PD II

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima  ©nos.nl

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima
©nos.nl

Belanda menyelenggarakan Peringatan Nasional Korban Perang di Lapangan Dam, Amsterdem. Bagian terpenting dari acara ini adalah mengheningkan cipta selama dua menit. Upacara ini dihadiri antara lain oleh Raja Willem-Alexander, Ratu Máxima, perdana menteri Mark Rutte dan berbagai tamu agung lainnya.

Setelah mengheningkan cipta seorang gadis berusia 16 tahun Sterre Wolthers membacakan sajak. Untuk pertama kali disediakan layar besar di depan Monumen Nasional tempat peletakan karangan bunga. Layar itu mempertunjukkan gambar seorang anggota keluarga korban yang menyebut nama orang yang diperingatinya dan untuk siapa ia meletakkan karangan bunga.

Keluarga korban, petinggi militer, para menteri dan lain-lain meletakkan karangan bunga. Karangan bunga juga diletakkan untuk para korban perang di Hindia Belanda (nama Indonesia di zaman Belanda).

Seusai peletakan karangan bunga, walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, menyampaikan pidato. Dalam pidatonya antara lain warga asal Maroko ini menceritakan kesannya ketika ia pertama kali memepringati hari pahlawan 4 Mei ini. Ia mengatakan, orang-orang Yahudi, Gypsi dan kelompok gay, penyandang cacat dimusnahkan oleh Nazi Jerman. Padahal mereka tidak bersalah sama sekali, kata walikota yang beragama Islam ini. Ia pun memperingatkan bahwa perasaan primordial, emosi tanpa dasar bisa membawa kepada kebencian, tindak kekerasan, dan hingga pembunuhan. “Sampai sekarang ini masih terjadi,” katanya.

Sebelumnya sekitar 1500 undangan menghadiri upacara peringatan di Nieuwe Kerk, istana historis keluarga Kerajaan Belanad di Amsterdam.
Di berbagai kota di Belanda juga digelar peringatan korban perang. Misalnya di Makam Pahlawan Loenen tempat dimakamkan hampir 4000 korban perang. Karena tahun ini merupakan peringatan ke 70, maka acara ini dihadiri oleh perdana menteri Mark Rutte.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s