Menlu Belanda akan berbicara dengan oposisi Suriah

Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders akan berbicara dengan kelompok oposisi Suriah di Istanbul, Turki, Sabtu 20 Desember ini. Minggu lalu Kabinet Belanda menyatakan akan lebih banyak memberi dukungan kepada para lawan presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Koenders antara lain akan berbicara dengan Hadi al-Bahra. Ia adalah presiden dari Koalisi Oposisi Suriah, Syrian Opposition Coalition (SOC). Selain itu Koenders juga berbicara dengan Khaled Saleh dari Brigade Harakat Hazim.

Oposisi Suriah yang moderat sudah beberapa tahun mendapat bantuan dari pemerintah Belanda. Bantuan itu berupa bantuan keuangan dan tehnis, antara lain dalam bentuk peralatan komunikasi, laptop dan pelatihan di Lembaga Clingendael, Den Haag.

Kabinet Belanda berniat untuk menambah bantuan kepada kelompok oposisi Suriah bersenjata yang moderat. Tapi tidak akan memasok senjata. Oposisi Suriah yang moderat harus diberi kemampuan untuk menciptakan “alternatif yang krediblitas” bagi penyelesaian konflik di Suriah. Demikian tulis menlu kepada Parlemen De Tweede Kamer.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s