Belanda Menciptkan “Sepeda Pintar” Buat Lansia

Kalau pemerintah RI bikin ‘Kartu Pintar”, pemerintah Belanda bikin “Sepeda Pintar”. Ya dasar negara sepeda! Menteri Infrastruktur dan Lingkungan , Schultz van Haegen, kemarin menyaksikan ujicoba sepeda pintar ini.

Sepeda pintar ini dikembangkan oleh TNO, lembaga penelitian di bidang sains terapan, Perhimpunan Pengendara Sepeda ( De Fietsersbond) dan Pusat Tehnologi Rehabilitasi Roessingh R&D, atas dukungan kementerian infrastruktur dan lingkungan. Tujuan inovasi ini adalah untuk meningkatkan keselamatan bagi para lansia (lanjut usia). Karena mereka merupakan kelompok yang sangat rentan di lalu lintas.

Menteri Shultz gembira dengan inovasi ini. “Bagi Belanda sebagai negara sepeda penting sekali untuk tetap bisa naik sepeda, juga kalau kita sudah lansia. Solusi pintar yang ditampilkan hari ini seperti sepeda pintar membantu para lansia untuk tetap bisa berpartisipasi di lalu lintas.”

Sepeda pintar dibubuhi radar di depannya sehingga bisa mendeteksi apa saja yang ada di depan. Di belakang dipasang kamera untuk mengawasi lalu lintas dari belakang. Peringatannya berbentuk getaran. Pada 2015 sepeda ini akan diujicoba dengan pengandara di lalu lintas untuk memperbaiki sistem. Dan setelah itu sepeda bisa dipasarkan.

Selain sepeda pintar TNO juga menciptakan “strooirouteplanner” semacam pemandu rute untuk menghindari jalan licin. Di musim dingin pemkot-pemkot Belanda melakukan penebaran garam untuk membuat jalan tidak licin. Di website tersebut orang bisa melihat rute mana yang tidak licin. Perkumpulan Pengendara Sepeda Belanda De Fiesterbond berharap, planner ini bisa mengurang jumlah kasus jatuh sepeda akibat jalan licin pada musim licin dan salju ini.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Belanda Menciptkan “Sepeda Pintar” Buat Lansia

  1. Mungkin yang punya blog ini juga orang belanda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s