Lagi-Lagi Belanda Digugat Korban Perang Indonesia

zegveldDua orang yang mengaku disiksa dan diperkosa oleh tentara Belanda di Hindia Belanda (nama Indonesia di zaman Belanda) menggugat Negara Belanda. Ini untuk pertama kali terjadi penggugatan kasus kejahatan perang selain eksekusi.

 

Pengacara Liesbeth Zegveld ©ANP

Kasus pertama menyangkut seorang pria yang disiksa supaya mengaku pada 1947. Dan kasus kedua berkenaan dengan seorang perempuan yang diperkosa pada 1949.

Ibu Tremini yang sudah berusia 85 tahun menyatakan, lima tentara Hindia Belanda KNIL memperkosa dirinya di rumahnya. Ini terjadi di desa kristen Peniwen di Jawa Timur.

Beberapa saat silam Belanda divonis untuk membayar ganti rugi kepada janda seorang pria yang ditembak mati di desa tersebut, di mana berbagai perawat, pasien rumah sakit dieksekusi.

Penggugat yang satunya, Pak Yasman, mengaku disiksa oleh tentara Belanda di desa Kebon Agung, Jawa. “Jari saya diikat dengan kabel yang disambungkan dengan aparat pembangkit listrik,” katanya.

Pak Yasman juga mengatakan, dia dipaksa minum air. “Dan setelah itu tentara berdiri di perut kami sehingga air keluar dari mulut kami,” jelasnya. Ini terjadi di penjara Pakisaji.

Gugatan disiapkan oleh Komite Utang Kehormatan Belanda (KUKB. Sebelumnya yayasan ini berhasil memberikan bantuan hukum kepada ahli waris pria-pria yang dieksekusi di Rawagede. Liesbeth Zegveld, pengacara Belanda yang bertindak sebagai pembela, menyebut kasus-kasus yang baru muncul ini “sangat mencolok”.

“Banyak sekali pelanggaran di Hindia Belanda. Banyak orang di Belanda tidak bisa membayangkan,” katanya.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s