Rotterdam akan bantu Jakarta menanggulangi air

Rotterdam akan membantu Jakarta menanggulangi masalah air. Demikian diumumkan Dewan Kotapraja (semacam DPRD) kota yang dipimpin seorang walikota yang muslim itu.

DKI Jakarta ingin tahu bagaimana kota nomor dua di Belanda itu menyikapi air dan dampak perubahan iklim. Untuk itu kota yang walikotanya bernama Ahmed Taleb itu, akan bertukar informasi dan ilmu dengan kota yang dipimpin Ahok.

Perlindungan pantai sangat penting baik bagi Rotterdam maupun Jakarta, karena keduanya adalah kota delta. Direncanakan sampai 2016 nanti 24 profesional muda dari Indonesia akan melakukan penelitian tentang masalah-masalah perairan tertentu di Belanda, yang nanti akan diaplikasikan di Jakarta.

Tanah ibu kota Jakarta makin menurun karena makin berkurangnya kandungan airnya. Beberapa kawasan di Jakarta malah sudah di bawah permukaan laut. Pengetahuan dan pengalaman Rotterdam akan dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi Jakarta.

Program pertukaran ini melibatkan selain kota Rotterdam dan Jakarta, tapi juga Nuffic-Neso Indonesia, Hogeschool (Sekolah Tinggi) Rotterdam, Kedutaan Belanda di Jakarta dan perusahaan perairan Hoogheemraadschap Delfland.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s