Rongsokan Pesawat MH17 Tiba di Belanda

Dua konvoi pertama truk yang mengangkut potongan-potongan pesawat MH17 Malaysia Airlines tiba di Belanda Selasa 9 Desember kemarin. Demikian dilaporkan Dewan Penyelidikan Keamanan Belanda OVV.

Sekitar 40 orang keluarga korban menyempatkan diri untuk menyaksikan kedatangan truk-truk tersebut di Lanud Gilze-Rijen, Belanda Selatan. Nanti, setelah pesawat yang jatuh di Ukraina Timur itu direkonstruksi, para ahli waris korban akan diberi kesempatan untuk menyaksikan rongsokan tersebut dari dekat.

Di Lanud Gilze-Rijen itu, muatan truk-truk tersebut dibongkar sesuai protokol. Semua potongan akan difoto, discan dan dibagi-bagi sesuai prosedur.

Potongan-potongan pesawat itu akan diselidiki di sebuah hanggar khusus. Di sana di bawah pimpinan OVV dilakukan persiapan-persiapan untuk rekonstruksi. Selain itu kepolisian Belanda juga akan melakukan penyidikan.

OVV akan menggunakan rekonstruksi itu untuk menyelidiki penyebab jatuhnya MH17. Bencana yang terjadi pada 17 Juni 2014 tersebut menewaskan semua 298 penumpangnya. Di antara penumpang Boeing 777 yang tewas terdapat 196 warga Belanda dan 12 WNI.

Berbagai pihak mengkritik kenapa lama sekali baru rongsokan pesawat diangkut ke Belanda. Menanggapi hal tersebut Ketua OVV, Tjibbe Joustra, mengatakan penyebabnya karena kondisi di tempat jatuhnya pesawat tidak kondusif. Ada juga pihak-pihak mempertanyakan kenapa tidak semua potongan pesawat diangkut ke Belanda. Joustra mengatakan, potongan-potongan itu ditinggalkan karena tidak bermanfaat untuk penyelidikan.

Dengan rekonstruksi akan diketahui apakah pesawat itu ditembak dari bawah atau tidak. Pemerintah Ukraina yakin, pesawat naas itu ditembak dengan rudal Skud oleh pemberontak pro Rusia di Ukraina Timur. Namun ada juga yang menduga pesawat itu ditembak dari samping.

Di masa silam metoda rekonstruksi ini juga diterapkan terhadap pesawat PanAm yang jatuh di Lockerbie, Skotlandia, pada 1988 dan pesawat TWA 800 di Amerika Serikat pada 1996 .

 

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s