Penghargaan Belanda Bagi Aktivis HAM Timur Tengah

Penghargaan Tulip HAM (Hak Asasi Manusia) tahun 2014 ini dianugerahkan kepada Mideast Youth. Tulip HAM merupakan penghargaan tahunan Kementerian Luar Negeri Belanda yang diberikan kepada para pembela HAM yang inovatif dalam memperjuangkan HAM.

Pemenang Hadiah Tulip HAM

Pemenang Hadiah Tulip HAM

Menlu Belanda Bert Koenders menyerahkan hadiah Tulip HAM Selasa 9 Desember kemarin. Pendiri dan direktur Mideast Youth, Esra’a Al Shafei menerima hadiah tersebut atas nama organisasinya. “Makin memburuknya penerapan HAM di seluruh dunia secara dramatis memerlukan cara yang inkonvensional dalam memerangi pelanggaran HAM,” kata menlu Koenders.

Kegiatan Mideast Youth adalah membangun platform online untuk memberi kesempatan bersuara bagi orang-orang yang memperjuangkan HAM. Platform ini menciptakan sebuah lingkungan tempat para remaja membicarakan topik-topik yang tabu di beberapa kawasan di Timur Tengah, misalnya tentang hak-hak kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender), hak setara bagi kelompok minoritas agama dan etnis seperti Baha’i dan orang Kurdi serta perlindungan terhadap pekerja migran yang hidup sengsara di kebanyakan kawasan Timur Tengah. Webstie tersebut gampang diakses dan interaktif.

Esra’a Al Shafei, pendiri dan direktur Mideast Youth, adalah salah seorang aktivis internet yang paling berpengaruh di dunia Arab. Esra‘a memperjuangkan sebuah dunia tanpa sensor dengan menggunakan internet sebagai platform bagi kebebasan berpendapat dan informasi. Ia adalah suara generasi baru yang menampilkan masalah-masalah kontroversial melalui media sosial, design dan musik.

Foto: http://www.rijksoverheid.nl

 

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s