Heroin Putih Merenggut Nyawa Wisatawan di Amsterdam

Dua wisatawan Inggris ditemukan tewas di kamar hotel mereka di Amsterdam Selatan, Selasa 25 November kemarin. Mereka diduga meninggal karena menghisap heroin putih. Demikian dilaporkan polisi Amterdam. Polisi ibukota Belanda ini menduga para korban yang masing-masing berusia 20 dan 21 tahun itu menduga membeli kokain, bukan heroin putih.

Awal November lalu seorang pria Inggris juga meninggal setelah menggunakan heroin putih. Dua orang lainnya pingsan.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Lembaga Forensik Belanda NFI, heroin yang ditemukan Selasa itu memiliki struktur yang sama dengan heroin putih pada kasus-kasus lain. Untuk mengetahui penyebab kematian definitif masih perlu dilakukan otopsi.

Polisi Amsterdam menyatakan, dua bulan belakangan ada tujuh belas kasus turis Inggris menghisap heroin putih, yang mereka duga sebagai kokain. Heroin putih menyebabkan kesulitan pernafasan dan malah bisa menyebabkan pernafasan berhenti total.

Polisi menduga heroin putih itu berasal dari penjual jalanan yang mengaku menjual kokain. Dikhawatirkan penjual sendiri tidak mengetahui bahwa dia menjual heroin putih. Yang terkait sudah berminggu-minggu diuber polisi.

Sejak Selasa kemarin polisi menyebarluaskan peringatan terhadap heroin putih antara lain melalui hotel-hotel dan papan matrix. Dinas Kesehatan GGD Amsterdam mengatakan, kampanye ini akan berlangsung selama diperlukan.

Selain memperingatkan bahwa heroin putih, GGD juga mewanti-wanti bahaya kokain “asli”. Peringatan umum ini misalnya dilakukan di pesta-pesta.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s