Dialog Nasional Masa Depan Pendidikan Belanda

Tanggal 17 November kemarin menteri muda pendidikan Belanda Dekker mengawali dialog nasional tentang pendidikan. Temanya adalah apakah yang harus diajarkan kepada anak-anak di sekolah supaya mereka siap menghadapi masa depan?

Penyelenggaraan dialog nasional didorong oleh perubahan yang terjadi sangat cepat di dunia. Kehidupan bermasyarakat dan pasar kerja di masa mendatang pasti akan banyak menuntut fleksibilitas, kreativitas dan kemampuan bekerjasama masyarakat.

Dekker: “Seorang anak yang untuk kali pertama masuk sekolah sekarang, pada 2032 nanti akan melamar pekerjaan pertamanya. Apakah anak ini di sekolah sudah belajar tentang apa yang dibutuhkannya untuk mengawali kariernya nanti?”

Dekker mengakui, prasarana pendidikan yang baik seperti ruang kelas, pendanaan dan akomodasi memang sangat penting . “Tapi kita hampir tidak pernah membahas konten pendidikan kita,” tambahnya.

Dialog nasional ini merupakan program yang berlangsung beberapa tahun. Bedasarkan program serupa yang pernah dijalankan di Finlandia, Norwegia dan Skotlandia, pemikiran tentang kurikulum memerlukan keterlibatan masyarakat luas. Oleh karenanya di tiap tahap dialog dilakukan kontak dengan para guru, siswa dan orang tua, serta dunia usaha dan ilmu pengetahuan.

Tahap pertama dialog bersifat pertukaran pikiran atau brainstorm nasional. Lewat akun #onderwijs2032 wakil menteri pendidikan Belanda mengimbau semua orang untuk menyampaikan gagasan tentang pendidikan. Kemudian sekelompok pakar dari dalam dan luar sektor pendidikan menggabungkan gagasan-gagasan yang masuk.

Pada musim gugur 2015 semua ide itu mengerucut menjadi sebuah visi yang berisi target pengetahuan dan ketrampilan yang harus dicapai seorang siswa kalau ia tamat sekolah. Lalu visi ini dlolah lebih lanjut antara lain bersama para guru. Setelah itu langkah demi langkah konsep konten pendidikan Belanda di masa mendatang makin kongkret.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s