Pola Makan Sehat Memperlambat Proses Diabetes

Penderita diabetes bisa memperlambat proses penyakitnya dengan berpola makan sehat dan lebih banyak bergerak. Demikian hasil ujicoba yang dilakukan oleh sebuah yayasan konsumsi sehat dan dua asuransi di Belanda terhadap sembilan penderita diabetes selama setengah tahun.

Sembilan orang itu dibimbing oleh pakar diet, coach dan juga juru masak. Tujuannya untuk mengubah pola makan para penderita penyakit gula. Makanannya tidak hanya lebih sehat dan dikurangi kandungan karbohidratnya, tapi juga lebih enak. Ternyata kadar gula darah mereka turun semua. Salah satu peserta, yang sudah terbiasa disuntik insulin, tidak memerlukan suntikan lagi.

Martijn van Beek dari Voeding Leeft, yayasan yang menggalakkan pola makan sehat tersebut, mengakui bahwa program ini memang tidak menyembuhkan penyakit gula, tapi ini setidaknya menunjukkan bahwa mengubah gaya hidup bisa membawa perubahan besar. “Fokusnya adalah pencegahan,” katanya. Van Beek berharap lama kelamaan semua perusahaan asuransi akan menyadari bahwa kita lebih baik mengeluarkan uang sekarang ketimbang membayar ongkos obat kemduian yang bertahun-tahun lamanya.

Patrick Schrauwen, guru besar di Universitas Maastricht, pakar penyakit gula tapi bukan penasehat yayasan Voeding Leeft, berpendapat pola makan sehat memang bisa memegang peranan penting. “Bukan hanya untuk mencegah diabetes, tapi juga untuk mencegah agar penyakit ini tidak berkembang sehingga penderitanya tidak perlu diobati dengan obat-obat yang lebih berat.”

Selama ini orang menduga bahwa banyak bergerak hanya berguna bagi penderita diabetes kalau berat badan mereka berkurang. Schrauwen menambahkan, dengan banyak bergerak otot kita lebih banyak menyerap gula. Selain itu, pola makan bervariasi sangat penting, bukan hanya bagi penderita diabetes saja, tapi bagi semua orang. Menurut dia, lebih baik banyak mengeluarkan dana untuk makanan sehat sekarang ketimbang menghabiskan duit lebih banyak untuk obat-obatan di kemudian hari.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s