Angka Kriminalitas di Belanda Makin Menurun

Angka kriminalitas di Belanda makin menurun. Di dasawarsa terakhir angkanya turun sampai 30 persen dan tahun-tahun belakangan makin berkurang. Ini berarti jumlah orang dan perusahaan yang kena dampak kriminalitas makin berkurang. Demikian tertulis di surat Menteri Keamanan dan Kehakiman, Ivo Opstelten Rabu 5 November kemarin ke Parlemen Belanda De Tweede Kamer. Ia juga sekaligus menyerahkan buku laporan “Kriminalitas dan Penegakan Hukum 2013”(C&R) dan laporan “Menuju Indeks Keamanan Nasional (NVI).

Polisi mencatat 109 juta kejahatan pada 2013, penurunan hampir 17 persen sejak 2007. Meski demikian, delik-delik tertentu justru sempat naik. Misalnya perampokan yang mengunakan tindak kekerasan. Karenanya pemerintah lebih memperhatikan delik-delik tersebut. Menteri Opstelten mengatakan, perampokan dan percurian rumah jumlanya makin menurun.

Baik C&R maupun NVI kegiatannya mendeskripsikan perkembangan kriminalitas dan perasaan tidak aman di kalangan masyarakat. Dalam laporannya NVI memperkenalkan metoda baru untuk melakukan pemetaan sebaik mungkin perkembangan kriminalitas, gangguan lingkungan dan perasaan keamanan masyarakat Belanda.

Metoda ini melakukan pembaruan cara menghitung pertumbuhan kriminalitas. Untuk tiap tipe delik dicarikan sumber statistik yang mendeskripsikan pertumbuhan kriminalitas dengan cara sebaik mungkin. Kemudian dilakukan analisis terhadap keparahan dan besarnya tipe delik. Setelah itu jika memungkinkan digabung dalam satu indeks kriminalitas, atau dipresentasikan dalam angka indeks tersendiri.

Selain angka kriminalitas, C&R juga melaporkan jumlah tindakan yang diambil polisi dan kejaksaan. Pidana obat bius dan senjata relatif sering terungkap. Persentase pengungkapan kejahatan sejenis ini sekitar 80 persen. Hampir 2/3 tindak pidana kekerasan dan seksual terungkap. Pelaku delik-delik jenis ini biasanya orang yang dikenal korban sendiri.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s