Raja Belanda Puas Dengan Kunjungannya ke Jepang dan Korsel

Raja Belanda Willem-Alexander sangat puas dengan kunjungan kenegaraannya ke Jepang dan Korea Selatan. Demikian ditegaskannya di Seoul di depan para wartawan Belanda. Kunjungan ini sangat menyenangkan dan berdampak akan dalam jangka panjang, katanya.

Tujuan kunjungan kenegaraan adalah untuk memelihara hubungan kedua negara dengan cara berbeda, tambahnya.

Korea Selatan gembira karena kunjungan kenegaraan dari Belanda “akhirnya”terlaksana juga. Masalahnya Seoul sudah sejak Ratu Beatrix berkuasa menginginkan kunjungan kenegaraan dari Belanda.

Raja Willem menegaskan kepada wartawa bahwa Belanda dan Korea Selatan banyak mempunyai kesamaan. Raja Willem memuji kemampuan Korea Selatan membangun setelah perang Korea.

Dalam kunjungannya ke Korea Selatan Raja Willem membawa pelatih timnas sepak bola Belanda Guus Hiddink, karena ia sangat dihormati di Korea Selatan atas prestasinya memajukan dunia sepak bola Korea Selatan.

Di penghujung kunjungan kenegaraan, Raja Willem dan Ratu Maxima mengilas balik masa-masa sulit di seputar musibah Malaysia Airlines MH17 di Ukraina Timur.

Dalam berbagai pembicaraan Raja Willem dengan para CEO perusahaan-perusahaan Jepang dan Korea Selatan, yang menonjol banyak yang menyebut faktor seni, budaya, keterbukaan dan kelugasan orang Belanda yang menjadi alasan bagi mereka untuk berinvestasi di negeri kincir angin ini.

Jepang sangat menghargai hubungan persahabatannya dengan Belanda, tandas Raja Willem. Jepang cepat sekali mengundang Raja Belanda setelah presiden Amerika Barack Obama yang berkunjung ke negeri Sakura itu beberapa saat silam tahun ini juga.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s