Raja Belanda Imbau Kaisar Jepang Memperhatikan Korban Perang

Raja Belanda, Willem-Alexander, dalam sambutannya pada jamuan kenegaraan saat berkujung di Jepang mengajak untuk memperhatikan korban perang di kedua negara. Ia berpendapat, pengalaman warga sipil dan militer tidak boleh dilupakan.

“Mengakui adanya penderitaan merupakan landasan rekonsiliasi. Luka yang sudah bertahun-tahun membekas tetap menguasai kehidupan banyak orang. Kesedihan akibat banyak korban masih terasa perih. Ingatan pada masa di penjara, kerja paksa dan penghinaan sampai sekarang masih menandai kehidupan banyak orang.”

Raja Belanda di sini menyinggung secara tidak langsung penderitaan warga Belanda di Asia Tenggara terutama di Indonesia yang banyak ditahan di kamp internering Jepang.

Secara serentak Raja juga mengenang penderitaan luar biasa yang dialami rakyat Jepang pada akhir perang lalu, yang disertai banyak kekerasan yang menghancurkan. Di sini ia menyinggung pemboman Hiroshima dan Nagasaki.

“Mengakui adanya penderitaan yang dialami merupakan dasar rekonsiliasi. Banyak warga di Jepang dan di Belanda giat mengadakan rekonsiliasi, sehingga rasa saling percaya bisa tumbuh lagi.”

Kaisar Akihito tidak banyak menyinggung perang dalam pidatonya. Ia juga tidak menyatakan penyesalan. Ia hanya mengatakan, bahwa Ratu Beatrix dulu sudah berbicara dengan para korban perang di Hindia Belanda (nama Indonesia di zaman Belanda) menjelang kunjungan kenegaraan Kaisar ke Belanda.

“Kami masih berterima kasih kepada Beatrix atas upaya beliau saat itu,’ kata Kaisar.

“Hubungan persahabatan antara kita yang sudah lama benar-benar terganggu oleh Perang Dunia II. Masa lalu ini tidak boleh kita lupakan, tapi kita juga berharap agar lebih banyak perhatian dicurahkan kepada niat baik kedua negara.”

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s