Belanda-Indonesia Meneliti Energi Vulkanik

Tim peneliti Belanda dan Indonesia bekerjasama untuk mencari cara membangkitkan listrik dari tenaga vulkanik di Indonesia. Tim terdiri dari peneliti dari berbagai universitas Indonesia dan Beanda bersama Dana Alam Dunia yang tergabung dalam proyek GEOCAP untuk mengembangkan energi geothermal. Koordinasi proyek ini ada di tangan divisi Earth System Analysis ITC, Universitas Twente, Belanda.

Indonesia terletak pada apa yang disebut Ring of Fire, kawasan berbentuk sepatu kuda di seputar Great Ocean yang dikenal sebagai kawasan yang banyak dilanda gempa dan letusan gunung berapi.

Karena jumlah penduduk bertambah pesat disertai dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat, kebutuan terhadap energi juga meningkat. Pada 2050 kebutuhan energi Indonesia kemungkinan besar tiga puluh kali lipat dari sekarang.

Kegiaan fakultas ITC ini adalah tukar menukar pengetahuan internasional, antara lain terfokus pada peningkatan kapasitas negara-negara berkembang dan negara-negara yang ekonominya maju dengan pesat. Van Der Meer dari fakultas ITC mengatakan: “Fakultas ITC memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman di bidang energi geothermal. Ini mau kami bagi dengan Indonesia melalui berbagai program bersama. Di sini kami juga bisa saling belajar. Dengan proyek ini kami bisa meningkatkan jaringan di Indonesia.”

Sumber: Indoweb.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s