Mayoritas Warga Belanda Hemat

Seperti biasa mayoritas orang Belanda masih hemat. 90 persen pada umumnya memperhatikan pengeluaran uang mereka. Sekitar separoh warga Belanda (52 persen) mengatakan, sangat memperhatikan pengeluaran mereka. 87 persen warga Belanda menabung dan 66 persen tidak mengalami minus rekening tahun lalu. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Platform Wijzer in Geldzaken (Platform Lebih Bijaksana Mengurus Uang) terhadap sekitar 1000 orang konsumen yang berusia antara 18 s/d 80 tahun.

Dalam mengambil keputusan keuangan, mayoritas warga Belanda tidak lagi melihat lebih dari 10 tahun ke depan. 41 persen tidak mempunyai persiapan menghadapi kemungkinan kalau dipecat. Terutama para remaja, warga yang berpendidikan rendah dan orang-orang berpenghasilan rendah tidak mengambil tindakan untuk mengantisipasi masa sulit.

Sekitar enam dari sepuluh warga Belanda mempunyai uang simpanan untuk jangka pendek. 26 persen warga memiliki uang simpanan € 5.000,- (sekitar Rp 70 juta, red). Dalam mengambil keputusan finansial, kebanyakan warga Belanda berusia sampai 66 tahun memperhitungkan masa depan (78%). 60 persen warga melihat sekitar 10 tahun kedepan. Hanya 18% melihat lebih jauh dari 10 tahun kedepan.

Rabu 1 Oktober Platform Wijzer in Geldzaken (Platform Lebih Bijaksana Mengurus Uang) menggelar simposium untuk para professional yang bekerja di bidang keuangan pribadi.

Ratu Maxima, sebagai Ketua Kehormatan organisasi ini, menteri keuangan Jeroen Dijsselbloem dan berbagai pakar lain menjadi pembicara dalam seminar ini. Simposiun yang digelar kebun binatang Blijdorp, Rotterdam ini, antara lain membicarakan bagaimana caranya untuk menggalakkan prilaku keuangan yang bertanggung jawab, mengatur keuangan, membuat rencana finansial atau memutuskan produk finansial secara sadar.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s