Belanda Menggelar Pekan Melawan Kesepian

enzaam1Mulai hari Kamis tanggal 25 September lalu sampai dengan tanggal 4 Oktober 2014 ini Belanda menggelar Pekan Melawan Kesepian.

Hampir sepertiga warga Belanda dewasa merasa kesepian, mulai dari yang sedikit sampai yang sangat merasa kesepian. Karena makin banyaknya jumlah warga lansia dan berkurangnya peranan gereja serta melesatnya individualisme jumlah orang kesepian di negeri kincir angin ini dikhawatirkan akan bertambah. Perasaan kesepian – perasaan “tidak menjadi bagian dari suatu kelompok” mudah membuat seseorang sakit. Dan ini bisa meningkatkan beaya pelayanan kesehatan.

Orang yang tidak banyak teman belum tentu merasa kesepian. Sementara orang yang banyak teman di sekelilingnya bisa saja merasa kesepian. Seseorang bisa dikatakan kesepian apabila ia merasakan, keterkucilan dirinya sebagai hal yang negatif bagi dirinya. Yang bisa menilainya hanya dirinya sendiri. Kalau ia menikmati kesendiriannya, berarti ia tidak kesepian. Demikian terbaca di situs http://www.eenzaamheid.nl.

Yang bisa menjadi penyebab kesepian antara lain karena perubahan kondisi. seseorang. Misalnya karena pindah rumah, atau ada yang meninggal dunia atau justru ada yang lahir dalam keluarganya. Penyebab lain bisa juga karena pribadi atau karakter seseorang itu sendiri.

Untuk menanggulangi masalah kesepian maka digelarlah Pekan Melawan Kesepian seperti tersebut di atas. Kegiatannya bermacam ragam.

Ada kegiatan yang sangat serius seperti seminar tentang kesepian yang dihadiri oleh para ilmuwan, pekerja sosial dan juga masyarakat awam. Tapi ada juga kegiatan ringan seperti makan siang bersama. Kegiatan ini diselenggarakan hampir di seluruh Belanda.

Hari pertama yaitu tanggal 25 September kegiatan makan siang bersama juga diselenggarakan di Almere yang dihadiri oleh sekitar 30 orang. Selain politisi lokal, acara ini juga dihadiri oleh para relawan dan undangan lain. Tujuannya tak pelak lagi adalah untuk melawan rasa kesepian. Dengan acara seperti ini orang bisa berjumpa dan bekenalan dengan warga lain, sehingga terjalin persahabatan.

Dan pada hari terakhir yaitu tanggal 4 Oktober nanti akan digelar acara makan bersama terbesar. Panitia penyelanggara sangat ambisius untuk membikin meja makan terpanjang di Belanda. Acara ini digelar di Maassluis, kota kecil dekat Rotterdam.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s