Jumlah Permohonan Suaka di Belanda Mengganda

Jumlah permohonan suaka di Belanda di awal tahun 2014 bertambah berlipat ganda dibandingkan dengan setahun sebelumnya.
Pada paroh pertama tahun 2013 ada 6220 pencari suaka tiba di Belanda untuk mengajukan permohonan suaka. Di paroh pertama tahun 2014 jumlahnya 12280 orang, berarti bertambah 97 persen. Permohonan suaka ini termasuk kategori permohonan tahap pertama.

Jumlah permohonan tahap kedua dan berikutnya berkurang dari 1510 menjadi 940. Dengan demikian jumlah pencari suaka di paroh pertama tahun ini 13220 orang. Pada periode yang sama 5990 permohonan suaka dikabulkan.

Data-data tersebut tertera di Rapportage Vreemdelingenketen, sebuah laporan menteri muda urusan Keamanan dan Kehakiman, Fred Teeven, yang telah disetujui parlemen De Tweede Kamer. Menurut laporan itu, peningkatan jumlah permohonan suaka di paroh pertama 2014 itu karena besarnya arus pencari suaka dari Eritrea pada bulan April dan Mei. Selain itu jumlah pemohon suaka dari Suriah bertambah ketimbang paroh pertama tahun 2013.

Saat ini jumlah pencari suaka asal Suriah juga bertambah. Hampir separoh dari pencari suaka di Belanda adalah dari Suriah. Hal ini menuntut peningkaan kerja keras dan fleksibilitas dari dinas-dinas terkait di sektor yang mengurus orang asing. Organisasi penampungan COA dan dinas urusan orang asing IND sudah menambah jumlah karyawannya.

Banyak warga Suriah yang memohon suaka di Belanda sudah mendapat izin tinggal. Dengan demikian mereka juga bisa mendatangkan keluarganya ke Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s