Belanda Perpanjang Misi Perdamaian Sudan Selatan

Pemerintah Belanda memutuskan untuk memperpanjang partisipasinya pada misi PBB di Sudan Selatan atau UNMISS sampai akhir Februari 2015. Demikian tertera di surat kabinet Belanda kepada parlemen de Tweede Kamer.

Dengan perpanjangan partisipasi Belanda ini maka pelatih UNMISS (United Nations Mission In the Republic of South Sudan) atau Misi PBB di Republik Sudan, Angela Bens, tetap memberi pelatihan kepada Kepolisian Sudan SSPS (South Sudan Police Service) di Aweil.

Belanda berpartisipasi dengan UNMISS sejak tahun 2011, saat Sudan Selatan merdeka. Mandat sekarang berakhir pada 1 November, lalu ditambah empat bulan. November nanti PBB akan memutuskan apakah misi akan diperpanjang. Dengan adanya perpanjangan tersebut di atas, maka pemerintah Belanda berkesempatan untuk mempelajari kemungkinan rencana PBB berikutnya sehubungan dengan UNMISS. Dengan demikian Belanda bisa mempertimbangkan keikutsertaan Belanda di masa mendatang.

Saat ini 24 serdadu dan 4 polisi Belanda ikut serta di misi UNMISS. Kontingen Belanda itu semula ditugaskan untuk melatih polisi Sudan Selatan. Sementara itu mayoritas kontingen Belanda sekarang bertugas melindungi para pengungsi yang tersebar di berbagai tempat penampungan.

Setelah pecahnya konflik di bulan Desember 2013 kondisi di Sudan Selatan makin memburuk. Karena dampak kemanusiaan yang luar bisa akibat konflik itu dan berlarutnya kondisi tidak aman kala itu, maka dibentuklah UNMISS.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s