Walikota Amsterdam: “Jangan Memojokkan Muslim”

Tidak pantas menuntut umat Islam Belanda untuk mengambil jarak dari tindakan-tindakan gerakan teror IS (Islamitische Staat, Negara Islam). Ini berarti kita memojokkan umat Islam dan menyamaratakan mereka dengan kelompok radikal. Demikian tandas walikota Amsterdam Eberhard van der Laan pada cara ceramah tahunan di Amsterdam.

Dengan demikian walikota Amsterdam bersikap berdeda dengan walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb. Dua minggu lalu muslim asal Maroko ini justru meminta agar umat Islam Belanda yang tidak mendukung IS menyatakan dengan tegas ketidaksetujannya.

Dalam sambutan pada acara tersebut, Van der Laan juga mengilas balik musim panas lalu, di mana perang di Gaza dan munculnya IS membuat ibu kota Belanda itu resah, karena banyak demonstrasi pendukung Israel dan juga pendukung Gaza dan semakin sengitnya pertentangan soal antisemitisme.

“Kompas moral kebanyakan warga Belanda sangat ditentukan oleh Perang Dunia II,” kata Van der Laan.  Paska PD II antisemitisme dilarang keras.  Tapi bagi warga yang berlatar belakang luar Eropa, kompas tersebut dipengaruhi oleh penderitaan lain seperti perbudakan atau pengusiran dari Palestina.

Satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik antara mereka yang berbeda kompas adalah dengan “memahami penderitaan masing-masing,” kata Van der Laan. “Tapi tanpa saling membandingkan dan saling menghilangkan penderitaan,” tambahnya.

Van der Laan juga menambahkan, warga yang tidak lagi merasa aman harus dilindungi. “Kebebasan berpendapat boleh dibatasi demi melindungi warga. Kebebasan dari rasa takut didiskriminasi dan dibenci lebih penting,” simpul walikota Amsterdam.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s