Belanda Tambah Dana di Industri Dirgantara

Mulai tahun 2018 Kabinet Belanda akan menambah dana 13 juta euro per tahunnya di industri dirgantara Belanda. Dengan demikian dunia usaha dan para ilmuwan Belanda bisa mengambil manfaat dari sektor dirgantara Eropa. Demikian tulis menteri urusan ekonomi Belanda Henk Kamp di dalam surat untuk parlemen Belanda de Tweede Kamer.

Dengan dana ini dunia usaha Belanda misalnya bisa berpartisipasi membangun satelit kecil dan warningssystem (sistem peringatan) terhadap ancaman badai mata hari dan ancaman-ancama lain dari ruang angkasa. Berkat tambahan dana ini, Belanda tetap bisa berinvestasi di sektor dirgantara antara 90 sampai 100 juta euro per tahunnya.

Sektor dirgantara Belanda melibatkan sekitar 80 perusahaan dan lembaga ilmu pengetahuan yang total omsetnya 140 juta euro.
Belanda memiliki dua pakar dirgantara kondang: Wubbo Ockles dan Andre Kuipers. Dari 30 Oktober sampai November 1985 Ockles ikut terbang di Space Shuttle Challenger sebagai penerbangan dirgantara pertamanya. Selama penerbangan itu dan keberadaannya di Spacelab D-1 ia bertanggung jawab atas berbagai alat pengukur untuk melakukan bermacam ujicoba. Selama misi tujuh hari itu ia berhasil melakukan tujuh puluh eksprimen.

Penerbang dirgantara Belanda lainnya, Andre Kuipers, berhasil terpilih untuk ikut Soyuz TMA-4 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Peluncurannya diselenggarakan pada 19 April 2004 dari Baikonur di Kazakhstan. Kuipers terbang bersama astronot Rusia, Gennadi Padalka dan Michael Fincke dari Amerika.

Penerbangan Kuipers kedua adalah bersama rudal Soyuz selama lima bulan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS untuk melaksanakan misi Soyuz TMA-03M.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s