Belanda Mungkin Akan Ikut Memerangi IS(IS)

Pemerintah Belanda akan mempelajari kemungkinan ikutserta memerangi Islamic State IS. Hal tersebut tertulis di surat menlu Belanda Frans Timmermans dan menhan Jeanine Hennis kepada parlemen Belanda de Tweede Kamer Rabu (10/9).

“Berdasarkan pembicaraan dengan sekutu dan mitra, kabinet akan mempelajari bagaimana Belanda akan berkontribusi dan semua opsi akan dipertimbangkan.” Demikian bunyi surat tersebut.

Kabinet Belanda menyatakan, pihaknya tengah berunding dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain tentang rencana koalisi. Menurut kabinet masalahnya akan lebih jelas setelah presiden AS Barack Obama berpidato Rabu siang waktu Amerika.

Minggu lalu Amerika mengumumkan pembentukan koalisi internasional untuk memerangi IS. Tapi banyak pihak kaget karena Belanda tidak dimasukkan dalam koalisi. Menurut surat kedua menteri tersebut, negara-negara lain sudah lebih dahulu dimasukkan di dalam daftar karena “alasan-alasan praktis”.

Selasa lalu, partai berkuasa VVD dan PvdA toh menyatakan mau aktif berpartisipasi memerangi IS. Rabu malam waktu Belanda parlemen akan berdebat dengan menlu dan menhan.

Sebelumnya Belanda telah mengirim 1000 helm dan 1.000 rompi anti peluru kepada warga Kurdi di Irak Utara yang memerangi IS. Belanda juga akan mengirim senjata dan munisi yang ada di negara-negara Eropa Timur ke sana. Belanda juga bersedia mengangkut senjata, munisi dan peralatan lain milik Jerman ke kawasan Kurdi tersebut.

Pada saat ini Belanda belum memasok senjata kepada orang Kurdi, karena Belanda belum memiliki senjata yang diperlulkan orang Kurdi. Demikian tulis menlu dan menhan Belanda  kepada parlemen de Tweede Kamer.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s