Belanda Tidak Masuk Koalisi Pemberantasan IS(IS)

Belanda tidak termasuk dalam Koalisi Internasional yang akan memerangi IS (Islamic State), karena negeri kincir angin ini tidak akan memasok senjata berat. Kabinet Belanda akan mempelajari apakah Belanda toh akhirnya akan memasok senjata kepada apa yang dinamai coalition of the willing tersebut.

Menurut sumber yang dapat dipercaya perdana menteri Belanda Mark Rutte sangat kaget ketika mendengar, Belanda tidak tercantum di daftar koalisi inti yang berada di garis depan untuk menyerang IS. Dalam daftar yang disusun Menlu Amerika Serikat John Kerry Jumat lalu, selain AS ada Inggris Raya, Prancis, Jerman, Italia, Denmark, Turki, Polandia, Kanada dan Australia. Belanda sangat berharap tercantum di dalam daftar tersebut.

Namun Belanda hanya menyumbang helm dan rompi. Selain itu tugas Belanda adalah mengangkut senjata yang dikirim oleh negara-negara lain.

Menurut Rob de Wijk, direktur Pusat Studi Strategi di Den Haag, keterkucilan Belanda tersebut merupakan sinyal politik yang besar. Amerika Serikat sudah bosan dengan basa-basi berupa simbol. “Makanya belakangan sering dibentuk koalisi negara-negara yang bukan hanya menyatakan bersedia saja, tapi yang benar-benar mampu. Ini berdasarkan pengalaman dalam kasus Libia,” katanya kepada media Belanda.

Dalam kasus Libia dulu, Belanda menolak ikut serta melakukan pemboman, tapi hanya mengirim F-16 untuk mengawal pesawat pembom. Menurut De Wijk, Amerika Serikat sudah bosan dengan negara-negara yang tidak mengirim senjata berat atau tentara, tapi berbasa-basi belaka.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s