“Ancaman Teroris Islam Meningkat di Belanda”

Kelompok Islam Ekstremis yang bersedia melakukan serangan teror di Belanda meningkat. Demikian tandas Rob Bertholee, Pemimpin Badan Intelijen Belanda AIVD (Algemene Inlichtingen- en Veiligheidsdienst/Dinas Keamanan dan Intelijen Umum).
Bos badan intelijen Belanda ini membandingkan kondisi sekarang dengan pertengahan dasawarsa lalu, di mana pada 2004 terjadi serangan teror di Madrid, Spanyol dan tahun 2006 di London, Inggris. Dua serangan itu dilakukan oleh kelompok Islam eksteremis.
Namun ia menambahkan ancaman teror sekarang lebih besar, karena jumlah kelompok Islam ekstremis bertambah. Penyebabnya antara lain karena munculnya Daulah Islamiyah atau Islamic State (IS) di Timur Tengah. Para jihadis yang terlibat di sana dan pulang ke Belanda dinilai potensial untuk melakukan serangan bunuh diri di Belanda.
“Saya yakin mereka mengalami penyucian otak. Saya tidak menutup kemungkinan, mereka juga dididik untuk melakukan teror,” kata bos AIVD seperti dikutip koran online Belanda nu.nl.
Untuk itu pemerintah Belanda mulai melakukan tindakan keras. Para rekruter mulai ditangkapi. Orang-orang yang mau bertolak ke Timur Tengah untuk bergabung dengan IS juga ditangkap. Begitu juga orang-orang yang pulang ke Belanda setelah bergabung dengan IS, juga langsung ditangkap.
Namun seorang jihadis Belanda, Abu Musa, mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukan serangan di Belanda.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s