Steven Samijo Guru Besar Pertama Jawa Suriname

Steven Samijo (depan tengah) bersama calon spesialis di Surabaya

Steven Samijo (depan tengah) bersama calon spesialis di Surabaya

Orang Jawa yang menjadi profesor sudah bukan berita lagi di Indonesia. Tapi di Belanda, orang Jawa Suriname yang menjadi guru besar adalah berita yang sangat menggembirakan terutama bagi masyarakat Jawa Suriname di Belanda.

Pada 12 Juli 2014 lalu Dr. Steven Samijo, demikian nama ilmuwan orang Suriname keturunan Jawa tersebut, dilantik sebagai guru besar dalam bidang Humanity and Orthopedic Surgery  di Universitas  Martin Buber, Rolduc, Kerkrade, Belanda Selatan.

Universitas Martin Buber tiap tahun menganugerahkan hadiah kepada orang-orang yang banyak berjasa bagi kemanusiaan antara lain Gary Kasparov, Michael Gorbatjov, Hans-Dietrich Genscher, Puteri Irene, dan artis Belanda Herman van Veen.

Steven adalah putra sulung dari empat bersaudara dari keluarga guru. Menurut adiknya, aspek pendidikan dan pedagogi yang diberikan oleh orang tuanya sangat besar peranananya dalam kelanjutan pendidikan anak-anak mereka. Meski diberi kebebasan, tapi ada satu hal yang diajarkan dengan tegas kepada mereka yaitu agar tidak bermalas-malas dan selalu berbuat untuk sesama. Ayah Steven, yang sudah almarhum, selain pernah menjadi guru, tapi juga pernah menjabat direktur asrama Taman Putro di Suriname.

Setelah menyelesaikan pendidkan sekolah menengahnya (AMS) di Suriname Steven hijrah ke Belanda untuk melanjutkan studinya. Ini terjadi justru pada saat warga negara bekas jajahan Belanda itu sangat sulit untuk menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Karena biaya studi saat itu harus ditanggung sendiri, padahal Suriname ketika itu  mengalami kekurangan devisa.

Namun berkat ketekunannya, akhirnya Steven diterima di fakulitas kedokteran di Uiversitas Maastricht, Belanda Selatan.

Dengan cepat putera keturunan Jawa ini bisa menembus ke pendidikan spesialisasi bedah ortopedi dan ia pun berhasil menerima gelar PhD di divisi Biofisika di Universitas Maastricht. Saat ini ia bekerja sebagai spesialis di rumah sakit  Antrum di Heerlen. Bersama istrinya Nicole, Steven mempunyai tiga anak.

Selain di Suriname Steven juga  memiliki kegiatan di Indonesia.  Di negeri leluhurnya ini Steven Samijo aktif di berbagai proyek medis di Jawa Timur.

“Kami sanga bangga terhadap Steven Samijo dan bersyukur atas keberadaannya di antara kami” Demikian pernyataan Jaringan Diaspora Jawa di Belanda atau De Forumgroep ‘Javanen in Diaspora – Nederland’, (JID-NL)

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s