Belanda Masih Dihebohkan Kasus Penyadapan NSA

Masalah sadap menyadap yang dilakukan Badan Keamanan Nasional Amerika NSA (National Security Agency) masih menghebohkan Belanda. Ketika koran Jerman Der Spiegel bulan Agustus lalu  membongkar kasus-kasus penyadapan yang dilakukan NSA di Belanda, mendagri Belanda Ronald Plasterk serta merta mengatakan, pemerintah Belanda tidak terlibat.

Namun sekarang menteri dari partai buruh PvdA ini  justru mengatakan, badan intelijjen Belandalah yang  berbuat demikian.  Anehnya menteri pertahanan Belanda  Jeanine Hennis-Plasschaert memberi keterangan yang berbeda. Ia mengatakan dinas intelijen militer MIVD, yang dibawahinya, tidak terlibat penyadapan.

Peristiwa ini memunculkan pertanyaan di kalangan anggota parlemen Belanda de Tweede Kamer. Pada rapat parlemen Rabu (5/02)sore berbagai partai mempertanyakan apakah Plasterk benar-benar tahu apa yang dilakukan badan intelijen Belanda seperti AIVD, padahal dia adalah pemimpin mereka.

Rabu malam  mendagri dan menhan Belanda dipanggil perdana menteri Mark Rutte untuk memberi penjelasan. Mereka diminta pertanggung jawabannya tentang kehebohan akibat dari berita atau ucapan mendagri yang mengatakan, bahwa dinas intelijen Belandalah yang menyadap 1,8 juta pembicaraan telpon itu.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s