Rehabilitasi Hak Warga Belanda Asal Hindia Belanda

Berbagai parpol Belanda termasuk PVV yakni partai anti Islam pimpinan Geert Wilders, mendukung petisi orang-orang Belanda yang menjadi korban perang dunia kedua di Hindia Belanda. Petisi ini tergabung dalam Indische Kwestie atau Masalah Indis yang terwakilkan dalam wadah Indische Platform atau Platform Indis.

Mereka antara lain menuntut pemulihan hak, ganti rugi, pembayaran tunggakan gaji dan lain-lain. Selain PVV, partai demokrat liberal D66, partai sosialis SP mendukung agar masalah ini dibicarakan di parlemen Belanda De Tweede Kamer. Ketika menjadi partai pendukung kabinet Rutte I, PVV termasuk menolak mosi tentang masalah Indis. Kala itu, selain fraksi PVV, fraksi partai kristen demokrat CDA dan fraksi VVD, partainya perdana menteri Mark Rutte, menolak membicarakan Masalah Indis.

Beberapa saat silam delegasi Indisch Platform menyampaikan petisi kepada de Tweede Kamer untuk meminta penyelesaian Indische Kwestie yang sudah 68 tahun tidak tuntas-tuntas. Karena 10.000 tanda tangan terkumpul, maka masalah ini akan dibahas di Parlemen. Tidak semua orang Indis mendukung petisi tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s