Belanda Bikin Masterplan Penanggulangan Banjir Jakarta

Sebuah konsorsium di bawah pimpinan perusahaan Belanda Van Witteveen+Bos dan Grontmij akan merancang masterplan untuk melindungi Jakarta terhadap banjir dari laut. Dua tahun mendatang masterplan ini ditargetkan selesai. Masterplan ini mengandung solusi jangka pendek, tengah dan panjang bagi masalah banjir di Jakarta. Konsorsium itu juga diperkuat oleh perusahaan-perusahaan Belanda lain yaitu KuiperCompagnons, Deltares, Ecorys dan Triple-A.

Karena terjadi pengambilan air di bawah tanah besar-besaran, tanah Jakarta bagian utara semakin rendah hingga 17 cm per tahun. Kawasan Jakarta ini terletak di bawah permukaan laut dan tiap tahun dilanda banjir besar karena luapan dari laut dan sungai.

Bantuan Belanda tersebut merupakan bagian dari program Water Mondiaal. Jakarta Coastal Development Strategy (JCDS) adalah salah satu ujung tombak Water Mondiaal. Tahun-tahun belakangan berbagai proyek JCDS berhasil memetakan masalah dan merumuskan garis-garis besar solusinya. Salah satunya adalah membangun polder pemekaran Jakarta dan membangun tanggul-tanggul yang kuat. Project Implementation Unit dari Indonesia sendiri yang akan melaksanakan masterplan. Belanda hanya membantu di tahap awal.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s