Penghargaan Linggajati bagi Perempuan Indo-Belanda

Bagi orang Indonesia yang mengenal sejarahnya kata Linggajati atau Linggarjati tidak asing. Pada 1946 di kota ini digelar perundingan antara pemerintah Belanda dan pemerintah Indonesia yang baru merdeka. Perundingan itu merupakan landasan bagi penyerahan kedaulatan yang dilakukan oleh Belanda kepada Indonesia pada 27 Desember 1949.

Rumah tempat perundingan yang kini sudah berubah menjadi museum itu sangat berarti bagi seorang warga Indo-Belanda Joty ter Kulve. Rumah ini pernah dihuni orang tuanya yaitu keluarga Van Os. Karena arti historis rumah itu dan cintanya kepada Indonesia, pada 2004 Ibu Joty mendirikan Stichting Vrienden van Linggadjati atau Yayasan Sahabat Linggarjati.
Linggajati merupakan lambang saling menghargai antara Indonesia dan Belanda. Dengan yayasannya, Ibu Joty ingin melanjutkan sikap saling megharagai tersebut dalam menjalin dan memperbaiki hubungan antara kedua negara kedepan.
Atas jasanya itulah Joty ter Kulve dianugerahi “Linggajati Award 2012”. Penghargaan diberikan oleh W.F.van Eekelen, ketua Badan Penasehat Indonesia Nederland Society (INS). Organisasi ini didirikan untuk memperbaikin dan memahami lebih dalam hubungan Indonesia-Belanda. Hubungan bilateral itu terkait ekonomi, budaya, pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pemberian hadian itu berlangsung pada saat digelarnyay seminar tentang kemajuan ekonomi Indonesia pada Selasa 11 Desember 2012, bekerjasama dengan Kemlu Belanda.

IMAG0554
“Saya tidak menduga sama sekali,” kata Ibu Joty ketika ditanya apakah ia tahu bakal menerima hadiah. “Tapi yang penting saya sangat gembira melihat generasi baru akan melanjutkan perjuangan untuk memperbaiki hubungan antara Belanda dan Indonesia, “ kata perempuan yang sudah berusia 85 tahun ini.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s