Belanda Menggelar Pemilu Parlemen

Tepat jam  07.30 Rabu 12 September tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Belanda dibuka. Sekitar 70.000 petugas dikerahkan untuk melayani para elektorat di TPS yang jumlahnya sekitar  10.000.

Setelah TPS ditutup biasanya banyak lagi petugas dikerahkan untuk menghitung suara.

Sejumlah TPS, antara lain  di stasiun kereta api di Breda dan Den Bosch, Belanda selatan, telah membuka pintunya jam 06.00.

Di TPS di stasiun Utrecht, Belanda tengah, dan di ibu kota Amsterdam pagi tadi waktu Belanda ratusan warga sudah menyontreng. Akibatnya sempat terjadi antrean panjang, tapi proses penyontrengan tetap lancar. NS, perusahaan kereta api Belanda,  membangun TPS di sekitar 40 stasiun untuk para karyawan yang bekerja di kota yang berbeda dari tempat tinggalnya.

Diederik Samsom, dari partai buruh  de PvdA adalah pemimpin partai besar pertama yang menyontreng. Ia melakukan hak suaranya itu sekitar jam 7.45 di kota tempat tinggalnya Leiden. Ia ditemani istri dan anak-anaknya.

Sebelum memasuki ruang penyontrengan  Samsom mengatakan, ia tidur hanya beberapa jam saja seusai debat televisi malam kemarin.  Pempimpin PVV  Geert Wilders, politisi populis yang sering disebut anti Islam, menyontreng di Den Haag, ibu kota pemerintahan Belanda. Ia berharap, partainya akan lebih banyak  meraih suara ketimbang yang diramalkan belakangan.

Sumber: http://www.nu.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s