Bukan Kitab Suci Sinkretis Maya


Setelah online dalam bahasa Belanda, Inggris dan Arab, kini situs yang memuat kisah-kisah dalam Al Quran (kitab suci umat Islam) dan Alkitab (kitab suci umat Kristiani), meluncurkan versi bahasa Indonesianya. Penggagas website ini adalah Dr Marlies ter Borg, seorang ilmuwan Belanda penulis “Sharing Mary, Bible and Qur’an Side by Side” atau terjemahan bebasnya “Berbagi Maria/Maryam, Alkitab dan Al Quran Bersampingan”.

Selain perempuan Belanda kelahiran Palembang itu, yang menjadi anggota  tim redaksi antara lain adalah Dr. Moch Nur Ichwan, peneliti  di Pusat Pengkajian Islam dan Transformasi Sosial (CISForm)  UIN  Sunan Kalijaga, Yogyakarta.  Dari pihak Kristen Josien Folbert, teolog dengan spesialisasi Islam, yang pernah bekerja bekerja di Lembaga Percik, Salatiga dan PKN, organisasi Kristen Protestan Belanda.

Berbagai organisasi Kristen dan Islam asal Indonesia di Belanda juga ikut berjasa dalam mewujudkan situs ini. Gereja Kristen Indonesia Nederland (GKIN) ikut serta melalui Adham Krishnha. Ia adalah alumni Universitas Protestan, Kampen, Belanda. Dari pihak Islam ada Titi Urannie dari Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa (PPME). Selain itu masih banyak lagi yang ikut berjasa dalam penyuntingan situs ini.

Marlies ter Borg sadar di dalam situs ini pasti terdapat kesalahan terutama  salah ketik dan lain-lain. Makanya ia mengimbau agar para pembaca menyampaikan hal tersebut kepada tim redaksi.

Seusai peluncuran yang digelar di Garoeda, salah satu restoran Indonesia tertua di Belanda, itu, Beritabelanda  mengajukan pertanyaan berikut kepada Dr. Moch Nur Ichwan. “Apakah kalian bertujuan untuk menyusun kitab suci singkretis virtual? Serta merta ilmuwan yang juga menjabat sebagai  direktur SAMHA (Institut Studi Agama-agama, Masyarakat dan Hak-hak Asasi Manusia), Yogyakarta itu mengatakan dengan tegas. “Oh tidak.”

Marlies ter Borg, sadar di dalam situs ini pasti terdapat kesalahan terutama  salah ketik dan lain-lain. Makanya ia mengimbau agar para pembaca menyampaikan hal tersebut kepada tim redaksi.

Penasaran tentang situs ini? Silakan buka: http://www.alquranalkitab.net.

Dr. Marlies ter Borg
Dr. Marlies Ter Borg
Dr. Moch. Nur

Dr. Moch. Nur Ichwan

Dr. Marlies Ter Borg

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s